Mata Uang Poundsterling Akan Terbuat Dari Plastik


Sebentar lagi masyarakat dunia akan menyaksikan atau menyimpan uang kertas yang terbuat dari plastik. Uang yang terbuat dari plastik ini masih dalam perencanaan oleh bank sentral Inggris yang rencana akan mengganti uang kertas poundsterlingnya dengan uang plastik berukuran lebih kecil dan mudah dibersihkan. Rencananya uang plastik ini akan mulai diedarkan pada tahun 2016.

Mengutip BBC, Sabtu (14/9/2013), uang ini nantinya akan terbuat dari plastik polimer. Plastik polimer dinilai aman atau tak mudah dipalsukan, serta tidak hancur bila terkena air atau tercuci.

Penelitian untuk mengganti uang dari kertas ke plastik dilakukan selama 3 tahun oleh Bank sentral Inggris telah menghabiskan 3 tahun meneliti dampak perubahan uang dari kertas ke plastik.

Pada tahap awal, rencananya uang plastik akan digunakan pada pecahan 5 poundsterling yang menampilkan gambar Sir Winston Churchill, dan akan disusul pecahan 10 poundsterling.

Nantinya akan ada sosialisasi dari Bank of England untuk menerima respon masyarakat mengenai rencana peralihan dari uang kertas ke uang plastik.

Keputusan pergantian uang kertas ke plastik akan ditentukan Desember akhir tahun nanti.

Saat ini uang kertas Poundsterling terbuat dari serat katun dan linen, dengan daya tahan selama 1 tahun. Lembaran uang yang rusak atau terlalu kusam akan dihancurkan untuk kompos.

Mata uang plastik yang akan diperkenalkan ini sangat tipis, transparan, dan fleksibel. Uang ini akan dilapisi tinta khusus untuk mencegah pemalsuan. Demikian tulisan Mata Uang Poundsterling Akan Terbuat Dari Plastik kami hadirkan. Jika bermanfaat silahkan bagikan/share.@

Sumber : detik

Artikel Terkait

Terbanyak di Baca