Data Ekonomi AS Bervariasi, Harga Emas Pun Jatuh


Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada Jumat pagi WIB, di tengah data ekonomi Amerika Serikat yang bervariasi. Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun US$12,1 (0,91 %) menjadi ditutup pada US$1.324,1 per ounce, lapor Xinhua. Sejumlah data ekonomi yang telah dipublikasikan pada Jumat pagi WIB menghasilkan dampak bervariasi terhadap harga emas.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan jumlah aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran turun 5.000 menjadi 305.000 dalam pekan yang berakhir 21 September, terhadap ekspektasi pasar untuk kenaikan dari pekan sebelumnya.

Kajian ketiga dan terakhir pemerintah AS menempatkan pertumbuhan ekonomi AS tidak berubah pada 2,5 persen di kuartal kedua, sedikit lebih rendah dari harapan pasar untuk pertumbuhan 2,7 persen.

Data yang dirilis oleh National Association of Realtors (asosiasi nasional makelar perumahan) menunjukkan bahwa penjualan rumah AS turun 1,6 persen pada Agustus. Analis pasar bertahan bahwa ekonomi di AS maupun di dunia sudah mulai pulih, meskipun dengan lambat, yang negatif untuk harga emas.

Sementara itu penundaan kenaikan plafon utang AS terus membebani investor. Perak untuk pengiriman Desember turun 12 sen (0,55% ) menjadi ditutup pada US$21,766.

Platinum untuk pengiriman Januari merosot US$17,6 (1,23%) menjadi ditutup pada US$1.414,7 per ounce.@

Sumber : Antara

Artikel Terkait

Terbanyak di Baca